Rantai Nilai (Value Chain) Ekonomi Kreatif Pertemuan 7 | D3TI-01 | 19.01.4326



Rantai Nilai pada suatu Produk





Rantai Nilai (value chain) adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk menghasilkan suatu prosuk atau jasa. Konsep ini dipopulerkan oleh Micahel Porter. Menurut konsep ini, perusahaan dibagi menjadi dua bagian besar yaitu kegiatan utama dan kegiatan pendukung. Kegiatan utama dibagi menjadi lima, yaitu (logistic masuk, manajemen operasi, logistik keluar, pemasaran dan penjualan, serta pelayanan/servis. Dan kegiatan pendukung terbagi menjadi empat, yaitu (infrastruktur perusahaan, manajemen SDM, teknologi, serta pengadaan.


Rantai Nilai (value chain) merupakan suatu gambaran dimana menggambarkan tentang suatu keseluruhan aktivitas yang dijalankan dan dibutuhkan untuk menghasilkan suatu barang atau jasa, mulai dari proses perancangan, input data bahan mentah, proses rouksi sampai dengan pendistribusian ke konsumen, serta pelayanan setelah pemasaran. Sehingga di setiap prosesnya/tahapannya, itu saling berkaitan, dari awal sampai akhir.


Analisis rantai nilai (value chain) merupakan sebuah alat analisis yang strategik yang digunakan untuk memahami secara baik tentang informasi suatu perusahaan, baik dari segi keunggulan dll, yang digunakan untuk mengidentifikasi dimana value pelanggan dapat meningkatkan atau menurun pada sektor biaya, dan juga untuk memahami secara lebih baik hubungan antara perusahaan dengan pemasok/supplier, pelanggan, dan perusahaan lain.


Rantai nilai adalah untuk mengidentifikasi dan menghubungkan berbagai aktivitas strategik perusahaan. Sifat rantai nilai tergantung pada sifat industri dan juga dapat berbeda beda untuk setiap perusahaan manufaktur, perusahaan jasa dan organisasi yang tidak berorientasi pada laba.


Analisis Value Chain memandang perusahaan sebagai salah satu bagian dari rantai nilai produk. Rantai nilai produk merupakan aktifitas yang berawal dari bahan mentah samapai dengan penanganan purna jual. Rantai nilai ini mencakup aktifitas yang terjadi karena adanya hubungan dengan pemasok (Supplier Linkages), dan hubungan dengan konsumen (Consumer Linkages). Aktifitas ini merupakan kegiatan yang terpisah tapi sangat tergantung satu dengan yang lainnya.


Analisi Value Chain membantu manajer untuk memahami posisi perusahaan pada rantai nilai produk untuk meningkatkan keunggulan kompetitif. Pendekatan Analisis Value Chain dan Value Coalitions merupakan pendekatan terbaik dalam membangun nilai perusahaan kearah yang lebih baik. Dimana Analisis Value Chain dan Value Coalitions lebih mengarah berhubungan dengan aktifitas di luar perusahaan. Konsep-konsep yang mendasari analisis tersebut adalah setiap perusahaan menempati bagian tertentu atau beberapa bagian dari keseluruhan pada rantai nilai.


Rantai nilai menyediakan sarana untuk menganalisis kegiatan yang dilakukan oleh sebuah organisasi. Rantai Nilai mengidentifikasi bidang utama aktivitas primer dan pendukung yang akan diminta untuk memberikan nilai kepada pelanggan organisasi dan berpotensi membedakan organisasi dari pesaingnya. Kita dapat menggunakan konsep rantai nilai untuk mengembangkan peta proses tingkat tinggi dalam organisasi.








Bila mana menggunakan rantai nilai, hal yang paling mudah untuk memulai adalah dengan operasi yang merupakan kegiatan inti dari rantai nilai ini. Yang mana pada intinya adalah perusahaan manufaktur dan kegiatan utama dari rantai nilai ini adalah ‘Membuat produk’. Namun, hal tersebut hanya dapat dilakukan jika perusahaan manufaktur tersebut bisa mendapatkan bahan baku yang merupakan kegiatan logistik masuk. Kegiatan logistik keluar menyangkut pengiriman ke konsumen akhir. Dalam pemasaran dan penjualan, perusahaan perlu mempromosikan produk dan menerima pesanan. Akhirnya, aktivitas melayani konsumen atau servis melibatkan memberikan masukan kepada pelanggan mungkin dengan menjawab pertanyaan dan menangani keluhan.


            Sekian artikel pada kesempatan kali ini. TERIMA KASIH

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konsep dan Konteks EK > EKONOMI KREATIF PERTEMUAN 2 D3TI-01 19.01.4326