STRATEGI Dalam Dunia Bisnis Ekonomi Kreatif Pertemuan 6 | D3TI-01 | 19.01.4326


STRATEGI DALAM DUNIA BISNIS UNTUK BERWIRAUSAHA



Dalam dunia bisinis, terutama di bidang wirausaha, pastilah terdapat banyak sekali cara atau metode yang digunakan untuk memaksimalkan suatu proses yang berpengaruh langsung terhadap berlangsungnya suatu proses tersebut. Di zaman sekarang sudah banyak muncul di kalangan muda yang berkecimung di dunia bisnis dan wirausaha, karena memang perjalanan karirnya dianggap penuh dengan tantangan. Disini kita diajarkan untuk disiplin dalam menjalankan bsinis kita sendiri, manajemen waktu yang sangat penting, perjalanan yang penuh tantangan serta hambatan inilah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk kalangan anak muda. Berbekal keberanian dan ilmu pengetahuan serta pengalaman-pengalaman yang didapat sebelumnya. Dan juga sikap mental positif yang harus selalu ditanamkan dan menjadi acuan untuk terus selalu bangkit dan meningkatkan kualitas diri.





Nah kembali ke masalah metode atau cara dalam suatu proses dibalik sebuah usaha mandiri ini. Dizaman sekarang ini, telah banyak berbagai metode yang diciptakan untuk, memanajemen suatu pengoperasian dalam bisnis yang dijalankan. Berbagai teknik dan metode diciptakan mengarah ke satu tujuan, yaitu keberhasilan suatu bisnis tersebut, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa masing –masing teknik/metode ada yang berhasil dan ada juga yang kurang berhasil. Dampak dari pengaplikasian suatu metode tersebut adalah langsung ke bisnis yang dijalankan itu sendiri, dan juga berpengaruh langsung terhadap kelangsungan suatu bisnis yang dijalankan tersebut. Semua orang memang mengharapkan akan suatu keberhasilan dalam bisnisnya, tetapi teknik/metode yang ditempuh bisa bermacam-macam. Semua teknik/metode yang dijalankan dalam suatu bisnis yang berbeda-beda, adalah untuk menunjukkan sesuatu yang berbeda daripada yang lainnya/menjadi pembeda dari yang lainnya, entah menunjukkan segi kualitas,hasil,proses dll.


Dengan adanya banyak teknik/metode yang diciptakan, dan juga penerapannya yang semakin banyak di setiap bisnis yang dijalankan, pastilah juga banyak sekali tingkat persaingannya, dalam dunia bisnis. Semua pihak saling bersaing dalam bisnisnya, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, itu memang wajar, asalkan persaingan yang sehat.


Nah, disini saya akan bahas mengenai salah satu teknik/metode bisnis yang sudah termasuk populer dan juga mungkin sudah diterapkan oleh beberapa pihak. Yaitu Blue Ocean Strategy.

Blue Ocean Strategy adalah istilah dalam ilmu menajemen yang merujuk pada cara/metode untuk menciptakan pasar baru yang belum dipenuhi persaingan yang ketat. Hal ini dilakukan dengan menciptakan dan menjangkau permintaan baru yang belum pernah terfikirkan oleh para pesaing.

Teknik ini dipaparkan oleh W.Chan Kim dan Renee Mauborgne, dimana    mereka mengajarkan para pelaku usaha untuk menciptakan pasar baru yang belum pernah dilirik maupun tersentuh oleh para kompetitornya. Melalui strategi ini, Chan Kim dan Mauborgne menghimbau para pengusaha untuk menghindari lingkup pasar yang sudah jenuh dengan persaingan. Daripada bersaing di lingkup pasar yang sudah sangat padat, lebih baik menciptakan sebuah ruang baru yang lebih potensial dan berusaha memberikan nilai tambah pada lingkup pasar yang baru yang selama ini belum dilirik oleh para pesaing.


Untuk bisa melakukan strategi Blue Ocean secara baik maka kita bisa menggunakan apa yang disebut sebagai strategi canvas. Alat ini pada dasarnya merupakan alat diagnostic untuk membangun strategi Blue Ocean. Alat ini membantu kita mengidentifikasi current state play dan memungkinkan untuk dapat memahami :
-          Arah persaingan dalam industri
-          Faktor-faktor yang sedang dipersaingkan dalam industri, baik mencakup aspek produksi dan pelayanan
-          Apa yang diterima konsumen dari penawaran kompetitif yang ada di pasaran


Adapun beberapa eleman yang ikut menyokong  strategi Blue Ocean, beberapa faktor ini juga bisa menjadi sebagai acuan/landasan dasar untuk mengembangkan sebuah ide-ide baru yang cemerlang, yang tentunya dapat membantu memaksimalkan strategi Blue Ocean ini. Sebagai berikut :

ATM  (Amati Tiru Modifikasi) dan juga,
SCAMPER, yang berarti
S = Subtitusi
C =Combinasi
A = Adaptasi
M = Modifikasi
P = Put Another Use
E = Eliminasi
R = Recycle

Beberapa cara diatas mengajak kita untuk mengeluarkan ide-ide kreatif inovasi, untuk menghasilkan sebuah kreasi yang baru, dengan memanfaatkan hal yang sudah ada, namun kemudian kita buat modifikasi supaya menghasilkan sesuatu yang baru, yang lebih inovatif.


Sekian artikel ini saya tulis, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan, karena penulis juga sadar akan masih dalam tahap belajar. TERIMA KASIH

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konsep dan Konteks EK > EKONOMI KREATIF PERTEMUAN 2 D3TI-01 19.01.4326