STRATEGI Dalam Dunia Bisnis Ekonomi Kreatif Pertemuan 6 | D3TI-01 | 19.01.4326
STRATEGI DALAM DUNIA BISNIS UNTUK BERWIRAUSAHA
Dalam
dunia bisinis, terutama di bidang wirausaha, pastilah terdapat banyak sekali
cara atau metode yang digunakan untuk memaksimalkan suatu proses yang
berpengaruh langsung terhadap berlangsungnya suatu proses tersebut. Di zaman
sekarang sudah banyak muncul di kalangan muda yang berkecimung di dunia bisnis
dan wirausaha, karena memang perjalanan karirnya dianggap penuh dengan
tantangan. Disini kita diajarkan untuk disiplin dalam menjalankan bsinis kita
sendiri, manajemen waktu yang sangat penting, perjalanan yang penuh tantangan
serta hambatan inilah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk kalangan anak
muda. Berbekal keberanian dan ilmu pengetahuan serta pengalaman-pengalaman yang
didapat sebelumnya. Dan juga sikap mental positif yang harus selalu ditanamkan
dan menjadi acuan untuk terus selalu bangkit dan meningkatkan kualitas diri.
Nah
kembali ke masalah metode atau cara dalam suatu proses dibalik sebuah usaha
mandiri ini. Dizaman sekarang ini, telah banyak berbagai metode yang diciptakan
untuk, memanajemen suatu pengoperasian dalam bisnis yang dijalankan. Berbagai
teknik dan metode diciptakan mengarah ke satu tujuan, yaitu keberhasilan suatu
bisnis tersebut, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa masing –masing teknik/metode
ada yang berhasil dan ada juga yang kurang berhasil. Dampak dari pengaplikasian
suatu metode tersebut adalah langsung ke bisnis yang dijalankan itu sendiri,
dan juga berpengaruh langsung terhadap kelangsungan suatu bisnis yang
dijalankan tersebut. Semua orang memang mengharapkan akan suatu keberhasilan
dalam bisnisnya, tetapi teknik/metode yang ditempuh bisa bermacam-macam. Semua
teknik/metode yang dijalankan dalam suatu bisnis yang berbeda-beda, adalah
untuk menunjukkan sesuatu yang berbeda daripada yang lainnya/menjadi pembeda
dari yang lainnya, entah menunjukkan segi kualitas,hasil,proses dll.
Dengan
adanya banyak teknik/metode yang diciptakan, dan juga penerapannya yang semakin
banyak di setiap bisnis yang dijalankan, pastilah juga banyak sekali tingkat
persaingannya, dalam dunia bisnis. Semua pihak saling bersaing dalam bisnisnya,
masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, itu memang wajar, asalkan
persaingan yang sehat.
Nah,
disini saya akan bahas mengenai salah satu teknik/metode bisnis yang sudah
termasuk populer dan juga mungkin sudah diterapkan oleh beberapa pihak. Yaitu Blue
Ocean Strategy.
Blue Ocean Strategy adalah istilah dalam ilmu menajemen yang merujuk
pada cara/metode untuk menciptakan pasar baru yang belum dipenuhi persaingan
yang ketat. Hal ini dilakukan dengan menciptakan dan menjangkau permintaan baru
yang belum pernah terfikirkan oleh para pesaing.
Teknik
ini dipaparkan oleh W.Chan Kim dan Renee Mauborgne, dimana mereka mengajarkan para pelaku usaha untuk
menciptakan pasar baru yang belum pernah dilirik maupun tersentuh oleh para
kompetitornya. Melalui strategi ini, Chan Kim dan Mauborgne menghimbau para pengusaha
untuk menghindari lingkup pasar yang sudah jenuh dengan persaingan. Daripada
bersaing di lingkup pasar yang sudah sangat padat, lebih baik menciptakan
sebuah ruang baru yang lebih potensial dan berusaha memberikan nilai tambah
pada lingkup pasar yang baru yang selama ini belum dilirik oleh para pesaing.
Untuk
bisa melakukan strategi Blue Ocean secara baik maka kita bisa menggunakan apa
yang disebut sebagai strategi canvas. Alat ini pada dasarnya merupakan alat diagnostic
untuk membangun strategi Blue Ocean. Alat ini membantu kita mengidentifikasi
current state play dan memungkinkan untuk dapat memahami :
-
Arah persaingan
dalam industri
-
Faktor-faktor
yang sedang dipersaingkan dalam industri, baik mencakup aspek produksi dan
pelayanan
-
Apa yang
diterima konsumen dari penawaran kompetitif yang ada di pasaran
Adapun beberapa eleman
yang ikut menyokong strategi Blue Ocean,
beberapa faktor ini juga bisa menjadi sebagai acuan/landasan dasar untuk
mengembangkan sebuah ide-ide baru yang cemerlang, yang tentunya dapat membantu
memaksimalkan strategi Blue Ocean ini. Sebagai berikut :
ATM (Amati Tiru Modifikasi) dan juga,
SCAMPER, yang berarti
S = Subtitusi
C =Combinasi
A = Adaptasi
M = Modifikasi
P = Put Another Use
E = Eliminasi
R = Recycle
Beberapa cara diatas
mengajak kita untuk mengeluarkan ide-ide kreatif inovasi, untuk menghasilkan
sebuah kreasi yang baru, dengan memanfaatkan hal yang sudah ada, namun kemudian
kita buat modifikasi supaya menghasilkan sesuatu yang baru, yang lebih
inovatif.
Sekian artikel ini saya
tulis, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan, karena penulis juga
sadar akan masih dalam tahap belajar. TERIMA KASIH

Komentar
Posting Komentar